Tahap I: Pasangan baru (keluarga baru) / newly established (no children)

Dimulai saat individu laki-laki dan perempuan membentuk keluarga melalui perkawinan, meninggalkan keluarga masing-masing baik fisik maupun psikologis
Tugas perkembangannya:
  1. membina hubungan intim yang memuaskan 
  2. membina hubungan dengan keluarga lain, teman, kelompol sosial
  3. mendiskusikan rencana memiliki anak 
  4. saling memahami satu sama lainnya
Masalah kesehatan yang muncul:
  • Penyesuaian seksual dan peran perkawinan, aspek luas tentang KB, penyakit kelamin baik sebelum atau sesudah menikah
  • Konsep perkawinan tradisional: dijodohkan, hukum adat
Tugas perawat: membantu setiap keluarga untuk saling memahami satu sama lain

Tahap II: Keluarga kelahiran anak pertama / child-bearing family (oldest child birth to 2,5 years)

Dimulai dari kelahiran anak pertama hingga bayi berusia 30 bulan (2,5 tahun), keluarga menanti kelahiran dan mengasuh anak
Tugas perkembangan keluarga:
  1. persiapan menjadi orang tua
  2. adaptasi dengan perubahan anggota keluarga, peran, interaksi, hubungan seksual
  3. mempertahankan hubungan yang memuaskan dengan pasangan
Masalah kesehatan yang muncul:
  • pendidikan maternitas fokus keluarga, perawatan bayi, imunisasi, konseling perkembangan anak, KB, pengenalan dan penanganan masalah kesehatan fisik secara dini
  • inaksesbilitas dan ketidakadekuatan fasilitas perawatan ibu dan anak
Tahap III: Keluarga anak usia prasekolah / family with preschool children (oldest child 2,5 - 5 years)

Dimulai dengan anak pertama berusia 2,5-5tahun, keluarga lebih  majemuk dan berbeda (suami=ayah, istri=ibu, anak laki-laki=saudara, anak perempuan= saudari)
Tugas perkembangan keluarga:
  1. memenuhi kebutuhan anggota keluarga seperti tempat tinggal, privasi dan rasa aman, membantu anak untuk sosialisasi
  2. adaptasi dengan anak yang baru lahir dan kebutuhan anak yang lain
  3. mempertahankan hubungan yang sehat, internal atau eksternal keluarga, pembagian tanggung jawab anggota keluarga
  4. stimulasi tumbuh kembang anak
  5. pembagian waktu untuk individu , pasangan dan anak (paling repot)
Masalah kesehatan yang muncul:
  • masalah kesehatan fisik; penyakit menularm jatuh, luka bakar, keracunan dan kecelakaan-kecelakaan lain
Tahap IV: Keluarga dengan anak sekolah / family with school children (oldest child 6-13 years)

Keluarga mencapai jumlah anggota yang maksimal, keluarga sangat sibuk, aktivitas sekolah anak punya aktivitas masing-masing.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CARA MENGHITUNG DOSIS OBAT PADA ANAK

penilaian kinerja perawat

gangguan tidur